Saturday 19 May 2012

Apa itu Black Box? - Rabu (9/5/2012) sebuah pesawat buatan Rusia, Sukhoi Superjet 100 hilang di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat setelah pada pukul 14.30 dilaporkan hilang kontak. Lalu pada hari Kamis (10/5/2012) bangkai pesawat telah berhasil ditemukan dan tim SAR segera berupaya melakukan evakuasi para korban, termasuk mencari keberadaan black box untuk mengetahui penyebab dari terjadinya kecelakaan tersebut. Namun tahukah Anda apakah black box atau kotam hitam itu? Banyak orang bertanya tanya apakah itu BLACK BOX, Bahkan saya sendiri tidak sebegitu tahu. Namun setelah saya Googling akhirnya saya mendapatkan info nya.

Black box adalah sebuah perangkat dalam pesawat yang berisi perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR).

Tidak seperti namanya, kotak hitam, warna dari black box adalah jingga atau oranye. Hal ini dimaksudkan agar bila terjadi kecelakaan kotak tersebut akan lebih mudah dikenali karena warnanya yang cukup mencolok.

Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan tempat yang lebih aman bila terjadi benturan.

Kotak hitam berfungsi merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Alat perekam ini kemudian dimasukkan dalam kotak baja yang kuat untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat. Kotak ini kemudian dilapisi asbes tahan api sehingga kabel-kabelnya tidak ikut terbakar karena panas.

Kotak hitam hitam itu sendiri dibuat pertama kali oleh ilmuwan asal Australia, Dr.David Warren, pada tahun 1956. Namun butuh waktu 5 tahun sebelum penemuannya yang berharga itu disadari oleh pihak berwenang.

Dr.David Warren telah meninggal di usia 85 tahun pada tanggal 19 Juli 2010 di Melbourne, Australia.

Semoga Bermanfaat Sobat Kayuagung-Cyber ^_^

sumber http://sekilasinfoforyou.blogspot.com/2012/05/apakah-itu-black-box.html

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer