Wednesday 27 June 2012

Google Selamatkan Bahasa Dunia Yang Terancam Punah - Assalamualikum Sobat Kayuagung-Cyber :) Hari ini admin mau memposting lagi , posting lagi :D Kali ini admin mau update mengenai perkembangan google, yakni "Google Lestarikan Bahasa Dunia Terancam Punah". Nah, kalian pasti penasaran bukan ? sama seperti admin yang penasaran nya dengan proyek terbaru google ini, yang di sebut juga Google‘Endangered Languages Project’. Yukz, kita langsung aja simak, Cekidott !!


Miris mendengar terancam punahnya bahasa daerah dibeberapa negara dunia, membuat perusahaan raksasa Google.Inc turut serta dalam menyelamatkan bahasa-bahasa yang sudah berumur ratusan tahun untuk melestarikan dan menjaga agar tetap ada didunia. Bahasa inilah salah satu warisan dunia yang harus dilestarikan dan dijaga selain flora dan fauna dibumi kita ini.

Proyek baru ini pihak Google merekrut sarjana dan ahli bahasa untuk menggarap proyek kemanusiaan ini. Selain untuk menyelamatkan bahasa lokal dan dialek yang nyaris punah.

Dikutip dari blog Google, manajer proyek Clara Rivera Rodriguez dan Jason Rissman “Orang-orang dapat berbagi pengetahuan dan penelitian secara langsung melalui situs tersebut dan membantu menjaga konten di dalamnya tetap up-to-date,” tulisnya.

Tak hanya itu, disamping meneliti dan menyelamatkan bahasa lokal mereka juga membedah manuskrip mulai dari abad ke-18 sebagai alat pengajaran modern dijamannya.  Situs web endangeredlanguages.com dirancang agar pengguna dapat meng-upload video, audio, atau file teks dan mendorong mereka untuk mempelajari melalui rekaman dialek-dialek langka.

Hanya setengah dari sekitar 7.000 bahasa yang dipakai saat ini diperkirakan akan bertahan melewati akhir abad ini, menurut sebuah penelitian. “Mendokumentasikan  bahasa yang di ambang kepunahan merupakan langkah penting dalam melestarikan keragaman budaya, menghormati pengetahuan dari para leluhur kita, dan memberdayakan kaum muda,” kata Rodriguez dan Rissman.  “Teknologi dapat memperkuat upaya ini, dengan membantu orang menciptakan rekaman berkualitas tinggi dari orang tua mereka, menghubungkan komunitas  melalui media sosial dan memfasilitasi belajar bahasa.”


Sebagai bentuk filantropi Google, dalam beberapa bulan mendatang  kepemimpinan proyek ini akan diserahkan kepada First People”s Cultural Council dan The Institute for Language Information and Technology at Eastern Michigan University.  Katalog Bahasa Terancam Punah (ELCat), yang disponsori oleh University of Hawaii, juga akan memberikan kontribusi terhadap proyek ini.

Semoga Bermanfaat ^_^ Kayuagung-Cyber :)

Refrensi
http://beritacyber.com/

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer