Wednesday 15 August 2012

Beberapa Tips Agar Mudik Tidak Mabuk Dan Kantuk - Assalamualikum Sobat Kayuagung-Cyber :) Marhaban Ya Ramadhan. Mohon Maaf Lahir & Bathin. Sebelumnya, admin telah meng-update postingan terbaru juga mengenai " Kumpulan Ucapan Selamat Idul Fitri ". 

Jelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, hampir semua masyarakat Indonesia di seluruh penjuru pulau melakukan Mudik Pulang Kampung. Tradisi ini sudah berjalan sangat lama. Para pemudik biasa nya pulang kampung ke tempat orang tua nya atau keluarga, jugga sanak keluarga. Tidak hanya sekedar untuk bermaaf-maafan dengan keluarga jauh, mudik juga bisa melepas rasa rindu akan kampung halaman. Namun, mudik bisa terasa sangat berat bila tidak mempunyai persiapan dan bila tubuh sedang tidak fit. Nahh, Kayuagung-Cyber akan memberikan Beberapa Tips Agar Mudik Tidak Mabuk Dan Kantuk yang mungkin dapat membantu anda, cekidott..

Beberapa Tips Agar Mudik Tidak Mabuk Dan Kantuk - Kayuagung Cyber
( Tips Mudik Kayuagung-Cyber )
Cara pencegahan paling gampang dengan meminum obat anti mabuk di perjalanan. Namun, apabila Anda takut merasa tergantung terhadap obat-obatan anti mabuk, cobalah cara alternatif mencegah mabuk berikut ini:

1. Sebelum memulai perjalanan, cobalah meminum minuman yang menghangatkan badan seperti minuman jahe. Dari penelitian, jahe memiliki kandungan senyawa 6-gingerols dan galanolactone yang mampu mencegah timbulnya mual dan muntah.

2. Ketika Anda mengalami gejala mual dan ingin muntah, sebaiknya cari ruangan yang lega atau hirup udara segar. Usahakan pula untuk tidak banyak bergerak.

3.  Jika rasa mual makin hebat, menepi dan berhentilah sejenak. Anda dapat berjalan di sekitar perhentian kendaraan untuk menetralkan akumulasi getaran pengganggu. Tindakan ini efektif membantu mencegah mual atau perasaan ingin muntah. Namun, memang hanya dapat dilakukan jika Anda mengendarai mobil pribadi.

4. Cara lainnya adalah mengatur posisi duduk saat melakukan perjalanan. Usahakanlah agar duduk dengan posisi searah laju kendaraan. Sandarkanlah kepala dan tutup mata atau fokuslah pada satu jarak dan obyek tidak bergerak seperti kaki langit, gunung, hamparan sawah. Obyek tidak bergerak akan membantu meredakan rasa pusing.

5. Bila mual tak juga reda, kepalkan dan lemaskan jemari tangan dan kaki berulang-ulang. Gunanya untuk menaikkan peredaran darah. Pijitan pada jemari dan telapak tangan dapat membantu menghilangkan rasa pusing ringan.

6. Jika kondisi mabuk perjalanan disertai rasa lemas akibat dehidrasi dan penurunan tekanan darah, maka obat anti mual mutlak diperlukan. Obat yang dianjurkan adalah obat yang masuk pada golongan Antihistamin Dimenhidrinat dengan catatan dosis untuk anak usia 2 - 5 tahun sebesar 12,5 - 25 miligram, dan anak usia 6 - 12 tahun sebesar 20 - 50 miligran dengan tingkat konsumsi maksimal 3 kali sehari.

Nahh, untuk kali mengenai Tips sederhana dan cukup berhasil untuk mengurangi atau mencegah rasa Ngantuk saat mengemudi kendaraan.  

1. Hindari makan atau minum terlalu kenyang.
Kekenyangan makan akan cepat bereaksi menjadi rasa ngantuk. Apalagi jika yang kita makan mengandung takaran karbohidrat yang banyak. Misalnya kalo pagi hari sarapan nasi yang penuh satu piring, maka resiko ngantuk cukup besar. Saran saya, sarapan yang ringan saja, yang penting tidak terlalu kenyang. Kalau toh harus makan nasi dengan porsi separuh makan siang.

 2. Tidur yang cukup dan berkualitas.
Pada malam hari tidur tidak terlampau malam, apalagi di atas jam 24.00, sangat beresiko mengalami rasa ngantuk berat di pagi harinya.  

3. Olah raga di pagi hari
Olah raga jalan atau lari pagi minimal 1 - 2 kilo meter cukup untuk membuat badan bugar sebelum berangkat kerja. Kurangnya olah raga dapat membuat pembuluh darah tidak berjalan dengan lancar, sehingga berdampak pula terhadap rasa ngantuk, bahkan letih dan lesu.  

4. Tidur siang 10 - 15 menit
 Jika ada waktu, sangat bagus apabila pada saat jam istirahat kerja bisa kita lakukan tidur untuk mendapatkan tenaga kembali sehingga tak diserang rasa ngantuk selepas istirahat sampai jam pulang. Tidak perlu tidur dengan durasi yang lama, cukup 10 sd 15 menit sudah cukup untuk memperbarui kembali kebugaran. 

Itulah sobat Kayuagung-Cyber :) Beberapa Tips-Tips Agar Mudik Tidak Mabuk Dan Kantuk. Bagi kalian yang akan atau sedang Mudik, mungkin artikel ini bisa di praktek-an. Sekian dulu ya, Semoga Bermanfaat ^_^

Baca Juga Sobat :) Aldo Pusat Gratis : Supaya Blog Lebih Menarik Untuk di Kunjungi

Refrensi
http://ramadhan.kompas.com/read/2012/08/16/11013035/Enam.Tips.Cegah.Mabuk.Saat.Perjalanan.Mudik
http://solusisahabat.com/forum/showthread.php?1276-Tips-Agar-Tidak-Mengantuk-Saat-Mengemudi

Rating: 4.5 Description: Beberapa Tips Agar Mudik Tidak Mabuk Dan Kantuk Reviewer: Wahyu Fachri Akbar - Itemreviewed: Bagaimana Mengatasi Mabuk Dan Kantuk. Beberapa Tips Agar Mudik Tidak Mabuk Dan Kantuk

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer